Selamat datang di blog SRIGALA BISNIS....


Tulisan-tulisan ini, pada dasarnya hanyalah sebuah wacana tentang banyak hal, tanpa dibatasi oleh topik tertentu, meskipun judul blog ini adalah SRIGALA BISNIS namun bukan berarti kita membicarakan tentang BISNIS SRIGALA.
SRIGALA BISNIS hanyalah sebuah sebutan yang saya pilih agar mudah diingat oleh para pembaca,

Semoga tulisan-tulisan dan foto-foto di blog ini dapat memberi masukan atau setidaknya menjadi sebuah koreksi kecil bagi siapa saja yang membutuhkannya... Amin.

Sabtu, 04 September 2010

Selamat Hari Pelanggan Nasional

oleh Berlin A. Gulo SH

"SENYUM PELANGGAN NASIONAL"
Tanggal 4 September merupakan Hari Pelanggan Nasional. Hari dimana seluruh perusahaan di Indonesia akan mengucapkan terima kasih kepada para pelanggannya. Hadirnya pelanggan merupakan motor penggerak berkembangnya sebuah perusahaan. Maju atau mundurnya angka kinerja tidak akan terlepas dari loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Dasar inilah yang menjadikan Pemerintah menetapkan tanggal 4 September sebagai Hari Pelanggan Nasional.

Peringatan ini menjadi hajatan nasional setelah Presiden Megawati pada tahun 2003 mengeluarkan penetapan tanggal 4 September sebagai Hari Pelanggan Nasional atau Customer Day. Sejak saat itu seluruh perusahaan yang ada di Indonesia berkomitmen memanjakan pelanggannya. Tanggal 4 September dijadikan hari special untuk memberikan surprised kecil kepada para pelanggan sebagai bentuk ucapan terima kasih dari perusahaan atas hadirnya pelanggan.

Beragam cara yang dilakukan perusahaan untuk memperingati hari ini. Ada yang memberikan surprised berupa hadiah kecil dalam bentuk gift atau bunga. Bahkan ada yang memberikan discount spesial bagi nasabahnya. Bukan hanya sekedar pemberian kecil sebagai ucapan terima kasih bahkan ada juga yang memperingatinya dengan kunjungan para pemimpin perusahaan ke pelanggan untuk langsung mengucapkan terima kasih guna menunjukkan apresiasi yang besar kepada nasabah.

Tiga ratus enam puluh lima hari dalam setahun, seluruh pelanggan menggunakan jasa atau produk perusahaan, maka tidak ada salahnya satu hari saja dalam setahun perusahaan memberikan ucapan terima kasih dan memanjakan para pelanggan. Senyum pelanggan akan memberikan efek besar terhadap perusahaan sehingga mampu memberikan images positif perusahaan dimata para pelanggan.

Kiranya tradisi ini akan menjadi sebuah tradisi positif sehingga terjalin komunikasi yang baik antara perusahaan dan masyarakat. Peningkatan layanan dan penyempurnaan produk akan secara tidak langsung membentuk lahirnya Loyalitas Nasabah, dan ketika hal ini telah lahir maka perusahaan tersebut akan mampu bertahan dan semakin berkembang. Akhirnya saya hanya bisa mengucapkan, “SELAMAT HARI PELANGGAN, thanks for joint with us”

2 komentar: