Selamat datang di blog SRIGALA BISNIS....


Tulisan-tulisan ini, pada dasarnya hanyalah sebuah wacana tentang banyak hal, tanpa dibatasi oleh topik tertentu, meskipun judul blog ini adalah SRIGALA BISNIS namun bukan berarti kita membicarakan tentang BISNIS SRIGALA.
SRIGALA BISNIS hanyalah sebuah sebutan yang saya pilih agar mudah diingat oleh para pembaca,

Semoga tulisan-tulisan dan foto-foto di blog ini dapat memberi masukan atau setidaknya menjadi sebuah koreksi kecil bagi siapa saja yang membutuhkannya... Amin.

Jumat, 10 September 2010

KERTAS, KAYU dan DUNIA

Oleh Berlin Anto Gulo

Pernahkan anda berfikir, berapa banyak kertas yang digunakan dalam satu hari? Membuat tugas-tugas sekolah, laporan kerja, mencetak koran, buku, diktat kuliah, majalah dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kertas. Mungkin jutaan atau bahkan triliunan lembar dalam sehari akan digunakan diseluruh penjuru dunia dan akhirnya akan menjadi sampah bekas yang mengisi tong-tong sampah yang kita siapkan.
Kertas terbuat dari bahan dasar kayu. Untuk mendapatkan kayu maka harus menebang banyak pohon. Sementara lahan hijau di dunia ini semakin hari semakin berkurang.

Penebangan liar tidak akan bisa diatasi dikarenakan permintaan akan bahan dasar pembuat kertas ini sangat tinggi. Kita hanya bisa mengurangi dengan membuat peraturan yang sangat ketat dan hukuman yang berat bagi mereka yang menebang hutan sembarangan. Namun hal tersebut juga masih diragukan keberhasilannya sebab masih saja para perusahaan kayu mendapatkan surat izin untuk melakukan penebangan hutan.
Disisi lain, ada beberapa insdustri rumahan yang justru memanfaatkan situasi ini dengan mendaur ulang kertas-kertas yang tidak berguna lagi. Kertas bekas ini akan dibuat menjadi barang-barang baru yang kemudian dijual kembali kepasaran. Beberapa contoh diantaranya adalah : Kotak Perhiasan, Pot Bunga, Hiasan dinding, patung-patung kertas, dan banyak lagi jenis hiasan lain yang dihasilkan.

Dengan melebur kertas bekas menjadi bubur dan mengaduknya dengan lem kertas, para pengusaha tersebut membuat kerajinan tangan yang indah. Bisnis ini sangat menjanjikan dan memiliki bahan dasar yang gampang dicari. Pangsa pasar juga sangat luas bahkan hingga kemanca Negara.

Mendaur ulang ini memang sangat positif. Setidaknya menghindari penumpukan sampah dan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat kita. Namun penggunaan kertas yang kita lakukan saat ini juga akan sangat mempengaruhi suhu bumi kita yang setiap hari terasa semakin panas. Penggunaan kertas akan membutuhkan kayu yang banyak. Akibatnya hutan juga akan menjadi sasaran empuk untuk mendapatkan bahan baku kertas tersebut. Penebangan hutan akan menjadikan ekosistem dan habitat yang ada tergangu akibatnya maka banyak hewan dan jenis tumbuhan yang punah.

Pemanasan global bukan mustahil akan menjadi awal dari kiamatnya dunia kita. Masalah ini telah menjadi agenda penting bagi Negara-negara maju untuk mengurangi penggunaan kertas dan menggantinya menjadi email atau surat elektronik. Koran dan majalah juga telah mulai beralih ke dunia maya internet. Bahkan banyak perusahaan yang berusaha untuk menghilangkan peran serta kertas dalam aktifitas operasionalnya dengan hanya memanfaatkan jasa email dan laporan aktifitas perusahaan melalui internet. Data-data yang dulunya disimpan dalam bentuk kertas, sekarang telah disimpan dalam bentuk soft copy.

Harapan kita, suatu saat nanti, tidak ada lagi penebangan pohon sehingga bumi yang ada saat ini masih bisa menjadi bumi buat anak cucu kita. Bumi yang indah ini hanya merupakan titipan buat anak cucu kita sehingga kita diwajibkan untuk tetap menjaga kelestariaanya. Punahnya banyak jenis hewan dan tanaman serta meningkatkanya suhu bumi menandakan kita harus segera mereubah kebiasaan kita sebelum benar-benar terlambat. Kertas, Kayu dan Dunia : merupakan tiga hal yang saling berhubungan. Berhenti dan hemat sekarang atau kita akan musnah bersama dunia ini. Semoga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar