Selamat datang di blog SRIGALA BISNIS....


Tulisan-tulisan ini, pada dasarnya hanyalah sebuah wacana tentang banyak hal, tanpa dibatasi oleh topik tertentu, meskipun judul blog ini adalah SRIGALA BISNIS namun bukan berarti kita membicarakan tentang BISNIS SRIGALA.
SRIGALA BISNIS hanyalah sebuah sebutan yang saya pilih agar mudah diingat oleh para pembaca,

Semoga tulisan-tulisan dan foto-foto di blog ini dapat memberi masukan atau setidaknya menjadi sebuah koreksi kecil bagi siapa saja yang membutuhkannya... Amin.

Senin, 26 Juli 2010

Sistem Penggajian Pegawai Berdasarkan Kinerja

oleh BERLIN ANTO GULO, SH

Sistem penilaian pegawai berdasarkan kinerja merupakan hal yang positif. Pola seperti ini secara tidak langsung menciptakan kompetisi diantara pegawai yang pada akhirnya akan melahirkan pegawai-pegawai yang high quality atau memiliki skill yang dibutuhkan perusahaan. Salah satu strategi yang diterapkan adalah dengan mengeluarkan sistem penggajian yang menggunakan sistem Range, yang bersifat Clean Wages dengan menganut asas Pay for Position and Performance serta asas No Work No Pay.

Clean Wages dimaksudkan adalah dimana gaji yang diberikan kepada pegawai akan memperhitungkan berbagai tunjangan tetap sehingga tidak lagi diberikan tunjangan-tunjangan tetap lain. Secara tidak langsung perusahaan akan melakukan penghematan gaji pada posisi-posisi yang dianggap kurang berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Pay for Position & Performance maksudnya adalah Gaji yang diberikan kepada pegawai sesuai dengan posisi yang dijabat oleh pegawai dengan kenaikan gaji mempertimbangkan prestasi dan kinerja pegawai. Hal ini tentunya secara tidak langsung mempengaruhi cara berpikir pegawai. Prestasi akan menjadi sebuah jalan untuk dinilai lebih baik sehingga pada nantinya si pegawai tersebut akan memiliki gaji yang lebih besar dibandingkan pegawai yang tidak berprestasi. No Work No Pay artinya adalah Gaji pegawai tidak akan dibayarkan apabila pegawai tidak melakukan pekerjaan kecuali karena alasan-alasan yang ditetapkan dalam UU Ketenagakerjaan dan atau Perjanjian Kerja Bersama (PKB)

Secara umum dapat dikatakan bahwa strategi seperti ini bertujuan untuk : Menciptakan kinerja dan layanan yang unggul pada perusahaan serta mendukung tercapainya strategi bisnis yang akan menimbulkan Attract, Motivate & Retain high performer employee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar